Lady Octopus by Nona Soedhowo. +Follow | Dashboard
Lady Octopus
Entries ~~ LadyLo ~~ Friends ~~ Connect



addiction
Sabtu, 13 Juli 2013 | 0 comments

Each person has different addiction.
Ada yang nganggep kalo sunrise itu adiktif. Ada yang nggak bisa lepas dari rokok, alkohol, and such. Ada juga yang ketagihan bikin tato di badan. Some people are addicted to brokenheart(s).
Each person has different addiction, different pattern.
Sama kayak manusia-manusia lain yang ada di muka bumi ini, aku juga punya adiksiku sendiri. Nggak tau sih ini beneran adiksi atau lebih tepat dibilang hobi, ya… hehehe. Tapi aku ngerasa nggak bisa lepas aja dari aktivitas-aktivitas ini. Dan kalo aku udah ngelakuin, rasanya semacem dapet guilty pleasure gitu deh.
Aku suka potong rambut.
Potong rambut yang bener-bener potong rambut.
You know, some people just love it when they cut their hair, tapi cuma lima senti (atau bahkan kurang)… itupun dengan model rambut yang persis sama. Atau kadang cuma gonta-ganti bentuk poni. No offense, pals, cuma makna potong rambut buatku itu beda. Dan kalo menurutku pribadi, apa gunanya potong rambut kalo nggak ada perubahan yang signifikan?
Tingkat kebutuhanku dalam mengubah gaya rambut itu bisa dibilang udah nggak normal. Kalo orang lain cuma ganti hairstyle satu-dua kali dalam setahun, aku bisa empat kali lebih. Serius, deh. Dan panjang rambut yang dipotong juga nggak sedikit. Misalnya udah sampe selengan, entar dipotong jadi seleher. Baru panjang sebahu, dipotong jadi seleher lagi. Tapi dalam bentuk yang berbeda loh, ya.
Pernah dulu dalam setahun aku udah nyobain lima sampe enam gaya rambut yang berbeda. Itu normal nggak, sih? Kalo menurutku aku… nggak (berdasarkan hasil mengamati temen-temen di sekolah yang nggak sesering itu ngubah model rambutnya).
Nggak tau kenapa ya, aku sukaaaaaaaa banget potong rambut. Rasanya nggak betah stuck dalam satu model rambut lebih dari tiga bulan. Bawaannya pengen potong, potong, potong. Dan emang aku ngerasain sendiri sensasi yang ‘lain’ tiap kali aku potong rambut. That precious guilty pleasure yang aku dapetin tiap sang hairstylist lagi motong rambutku. Rasanya kayak sayang, tapi seneng. Bahkan rasanya rambutku ditarik terus digunting aja udah bikin seneng, hahaha. Belom lagi rasa deg-degan pas potongan rambut itu udah nyaris selesai. Perasaan gugup waktu nunggu hasilnya; kira-kira aku milih hairstyle yang bener nggak, ya? Cocok di mukaku nggak, ya? Dan yang paling utama adalah, seni dari ‘berubah’ itu sendiri. Perasaan yang kita dapetin tiap kali kita tau, kita udah berubah. Beda dari diri kita yang sebelumnya. And mostly, itu jenis perubahan yang menyenangkan.
Potong rambut bagiku itu sama kayak pasang tato bagi orang-orang lain. It’s thrilling. And addicting. Sekali nyoba, rasanya pengen ngelakuin lagi, lagi, lagi, dan lagi.
Itu satu.
Yang kedua, aku suka rasanya berkendara dalam keadaan half awake di tengah malem.
Sounds dangerous, I know. But it’s just… terrifying, in a good way. Udara dingin, langit pekat jam satu atau jam dua pagi, jalanan yang kosong-melompong, semua lampu lalu lintas yang cuma ngasih liat lampu warna kuning. Terus, terjebak dalam kondisi antara sadar dan nggak sadar. It’s like, kita bener-bener terlibat dalam pertarungan nyata sama diri kita sendiri. Yang mana yang akan menang? Kesadaran kita? Atau malah rasa ngantuknya kita? Semua perasaan yang bikin aku kayak kelempar ke dunia lain yang, strangely fun, dan usaha-usaha untuk ngejaga aku tetap sadar dan fokus. It all seems really beautiful to me.
Nggak ada musik, walaupun ada earphone yang udah terpasang di telinga. Nggak ada orang lain. Bener-bener aku, motor, dan jalanan. Plus lampu-lampu temaram yang lebih mirip kunang-kunang itu.
Dangerously beautiful.
Atau, seandainya bukan aku sendiri yang bawa motor, dibonceng temen sendiri pas tengah malem juga cukup adiktif. Ada yang beda dari dibonceng temen pas matahari masih di puncaknya, sama pas langit udah hitam pekat menjelang ungu. Belom lagi udara dingin misteriusnya malem menjelang pagi, yang selalu kerasa ‘beda’. Terus sensasi bebas yang didapet tiap kali aku buka kaca helm, ngedongakin kepala ke atas, ngebentangin kedua tangan, terus teriak “FUCK YEAHHHHHHHHHHHHH” pas lagi ngelewatin turunan (of course I really did that).
Nggak ada judgemental people. Nggak ada suara-suara bising atau asap ganggu. Bener-bener cuma kita dan alam.
Oh iya, interupsi dikit, aktivitas di atas bisa kerasa makin dahsyat kalo ditambah sama nyanyiin Locked Out of Heaven-nya Bruno Mars dalam volume super tinggi alias sambil teriak. Nggak usah dipikir deh suara mau fals apa nggak. Yang penting, you own the whole world.
Jadi, ya… gitu.
Aku suka sama banyak hal, banyak orang, banyak elemen dari dunia ini. Tapi, di antara semua itu, ya dua hal inilah yang menurutku bener-bener adiktif. Aku punya adiksi tersendiri over those things. Things yang selalu bikin aku ngerasa seneng, puas, magis, dan pengen ngulangin lagi. I told a precious friend of mine about this, and she said, “Oh my God, Non, you’re such a freak!”. I guess she’s right. I’m a natural freak :p
So….. what’s your addicition?

Love,
LadyLo.

Label: ,


Older Post | Newer Post